Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 19 April 2024

Tungkatkan Kualitas Kelulusan, Amsilati Ngalah Ubah Metode Ujian Akhir

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net, Purwosari- Organisasi Amsilati pondok pesantren Ngalah ubah metode ujian akhir santri yang akan mengikuti proses wisuda tahun 2024. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas wisudawan dalam bidang ilmu nahwu tersebut.

Calon wisudawan tidak lagi melakukan sesi praktik yang meliputi pemaknaan, pemberian harokat dan analisis tarqib pada proses tashih akhir. Poin utama yang menjadi kriteria kelulusan santri amsilati adalah dari tingkat hafalan mereka terkait qoidah, khulasoh, shorof, dan sorogan. Telah diketahui bahwasannya kriteria kelulusan yang diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya tidak terlalu menekankan pada segi hafalan santri.

“Yang berbeda dari tahun ini adalah kita tidak lagi menggunakan sesi ujian praktik, kita tekankan pada tingkat hafalan mereka terkait qoidah dan khulaso, sorof, serta sorogan saja. Ini supaya ada peningkatan dari sisi kualitasnya, karena tahun-tahun kemarin masih belum terlalu ditekankan,” ujar Fajar sebagai ketua pelaksana ujian akhir Amsilati tahun 2024 saat ditemui tim Portal Arjuna pada persiapan ujian akhir.(14/12/23)

Author : Aisyah Ummul M

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial