Pasuruan Wajib Diniyah

""
Recovered_JPEG Digital Camera_4531

ilustrasi: wisuda santri wustiyah pondok Ngalah Pasuruan 2014

PortalArjunaJatim. Menghadapi tahun ajaran baru 2016-2017, Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengeluarkan kebijakan baru bagi seluruh sekolah diwilayahnya. Yakni program kegiatan wajib madrasah diniyah (madin). Program ini diharapkan dapat membekali keilmuan agama bagi para siswa agar saat lulus menjadi pribadi yang bermoral.

Gus Irsyad menuturkan bahwa pengetahuan umum dan ilmu agama harus seimbang sehingga lulusan sekolah tidak hanya mumpuni bidang keilmuan umum saja melainkan juga memilki budi luhur, bekal ilmu agama dan social tegas Bupati Kota santri tersebut

“Banyak sekali kasus-kasus melibatkan pelajar yang sudah sangat memprihatinkan. Hal itu salah satunya karena kurangnya pendidikan agama yang diperoleh para siswa,” kata bupati yang akrab disapa Gus Irsyad, Selasa (24/5/2016).

Menurutnya penanaman nilai-nilai keagamaan harus diutamakan. Pendidikan madrasah diniyah bukan hanya sebagai penyeimbang pendidikan formal saja, melainkan lebih bagaimana mencetak anak-anak sekolah menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah.

“Waktu antara jam pulang sekolah sampai maghrib itu waktu yang rentan, maka akan diisi dengan kegiatan madrasah diniyah,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Iswahyudi, mengatakan kebijakan melaksanakan madrasah diniyah di tiap sekolah sudah sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan nomor 4 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan. “Dan itu ditegaskan dalam Peraturan Bupati Pasuruan tahun 2016,” jelas Iswahyudi.

Dinas pendidikan dan Kemenag sebagai leading sektor program segera melakukan sosialisasi dan mencari formulasinya. Komite sekolah dan pihak sekolah akan dilibatkan dalam program ini.

“Bagaimana siswa juga tidak merasa capek ketika selepas sekolah langsung mengikuti pendidikan madrasah diniyah. Diharapkan siswa nyaman dan tidak merasa terbebani,” kata Iswahyudi.

Sumber: www.wartabromo.com

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.