Mengenal Universitas Yudharta Pasuruan

""
SONY DSC

Kampus Uyp

Cita-cita mulia dari seorang KH. M. Sholeh Bahruddin yang biasa dipanggil Kyai Sholeh adalah mendirikan Perguruan Tinggi yang menyatu dengan Pondok Pesantren, yang mampu mencetak manusia yang seimbang dalam menjalani urusan dunia dan urusan akhirat, memiliki kemampuan otak jepang dan berhati madinah.

Kerja besar tersebut dimulai pada tahun 1979 dengan mendirikan Pondok Pesantren Darut Taqwa yang biasa dikenal dengan Ponpes Ngalah yang mengajarkan bagaimana para santri dan masyarakat sekitarnya berakhlakul karimah memiliki hati madinah. Kyai Sholeh melanjutkan komitmen cita-citanya dengan mendirikan kelas jauh STAIP (Sekolah Tinggi Agama Islam Pasuruan) jurusan Pendidikan Agama Islam tahun 1994 untuk memberikan bekal kepada santrinya agar berwawasan lebih tinggi.

Tiga tahun berselang tepatnya tahun 1997 Kyai Sholeh mendirikan STAIS (Sekolah Tinggi Agama Islam Sengonagung) dengan 2 jurusan yakni Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dengan menunjuk Rojil Ghufron, SH sebagai Ketua STAIS pertama.

Kehadiran sosok KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) selaku Ketua Umum PBNU pada tanggal 20 Oktober 2006 ke Ponpes Ngalah dalam rangka Keynote Speaker kuliah tamu mahasiswa STAIP sangat berkesan dan berharap besar kepada kyai sholeh agar menjadikan Pondok Pesantren Ngalah sebagai pusat kajian NU dan pusat penempaan kader-kader NU dimasa yang akan datang, menjadikan kemantapan hati kyai sholeh untuk mempersiapkan berdirinya Universitas di Kabupaten Pasuruan.

Alhamdulillah, berkat ma’unah Allah SWT. tepatnya tanggal 1 Agustus 2002 berdasarkan SK Mendiknas No. 146/D/O/2002 berdirilah Universitas Yudharta di Kabupaten Pasuruan yang berada dilingkungan Ponpes Ngalah dibawah naungan Yayasan Darut Taqwa dan yang diberi amanah sebagai Rektor Universitas Yudharta yang pertama adalah Dr. H. Muhammad Sochib, M.Pd.

Adapaun ijin penyelenggaraan Universitas Yudharta telah diperbarui dengan diterimanya SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 919 – 929/D/O/2005. Hal penting yang saat ini menjadi perhatian kyai Sholeh adalah menjadikan kampus Yudharta sebagai kampus rakyat, yang mengantarkan mahasiswanya sebagai manusia Kaffah, berhati religius dan berkualitas intelektual serta keshalehan sosial, dapat hidup toleransi dan berdampingan, selalu memberikan ketenangan dan kedamaian serta selalu memiliki daya fungsi maksimal untuk sekalian ummat.

Keinginan ini terejawantahkan dalam visi universitas, yakni menjadikan universitas sebagai wahana pengembangan dan penemuan ilmu dan teknologi, yang berdasarkan tata nilai kehidupan masyarakat yang pluralistic untuk mencetak sarjana professional yang bermoral religius.

VISI

Menjadikan universitas sebagai wahana pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan tata nilai kehidupan masyarakat religius yang pluralistik untuk mengupayakan sarjana professional dan bermartabat.

MISI

1. Menyelenggarakan pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa memiliki kemampuan untuk mandiri, kreatif, kritis, analitis, dan inovatif. 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan karya – karya inovatif dalam rangka berperan terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat. 3. Menciptakan iklim akademik yang beraksentusi untuk pengembangan keilmuan yang bernafaskan religius pluralistik.

ASAS, DASAR DAN TUJUAN

1. Dalam menyusun dan mengembangkan program, Universitas Yudharta Pasuruan berazaskan Pancasila, sedangkan sebagai dasar operasionalnya adalah : 2. Undang-Undang Dasar 1945 3. Undang-undang No. 2 tahun 1989. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 4. Peraturan pemerintah nomor 60 Tahun 1989 tentang Pendidikan Tinggi 5. Keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 056/U/1994 jo Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa 6. Keputusan menteri Pendidikan Nasional nomor 234/U/2000 tentang pedoman pendirian Perguruan Tinggi 7. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 146 tahun 2002 tentang izin penyelenggaraan Universitas Yudharta Pasuruan Status Universitas Yudharta Pasuruan Sejalan dengan azas dan dasar di atas maka tujuan penyelenggaraan pendidikan di Universitas Yudharta Pasuruan adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang tangguh, profesional, bertanggung jawab dan bermartabat

MOTTO

Berpribadi Tangguh, Professional, Mandiri, Kritis, Inovatif, dan Berjiwa Religius.

Sumber:http://yudharta.ac.id/

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.