Propaganda Dalam Lirik Mars Hari Santri Nasional

""

Portalarjuna.net-Terbitnya surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tanggal 15 Oktober 2015 tentang Hari Santri Nasional, telah mengukuhkan dan mengabadikan perjuangan fisik para Kyai dan Santri dalam membela, memperjuangankan, dan mempertahanakan Republik Indonesia dari penjajah (KH Hasan Mutawakkil Alallah: 2016).

Hari santri Nasional harus menjadi pengingat bagi bangsa ini bahwa pesantren dan para santri yang identik kaum religius tidak bisa dipisahkan dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itu perlu propaganda yang efektif agar generasi muda mampu menjadi penerus semangat juang pengorbanan Syuhada’ kemerdekaan. Salah satunya melalui peresmian Mars Hari Santri Nasional lagu Syuhada’ Kemerdekaan karangan M Ridwan Taiyeb (bilikkata.com: 2016). Dimana musik merupakan media propaganda efektif jika dilihat dari trend kaum muda kontemporer.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Refresentasi Nasionalisme Religius Dalam Lirik Mars Hari Santri Nasional: Syuhada’ Kemerdekaan, Mengetahui dan Membuktikan bahwa  Lagu Syuhada’ Kemerdekaan merupakan alat propaganda dalam meningkatkan semangat nasionalisme religius pejuang kemerdekaan. untuk mencapai tjuan tersebut Dalam Riset ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotik.

Model analisis semiotika yang digunakan adalah Semiotika Roland Barthes yang mencakup tentang penanda dan denotasi sampai kepada tataran konotasi. Subjek risetnya adalah teks dan makna baik secara denotasi maupun konotasi. Sedangkan objek risetnya adalah representasi nasionalisme religius dalam lirik lagu Syuhada’ kemerdekaan. Periset merefresentasikan lirik lagu Syuhada’ kemerdekaan tentang nasionalisme religius dengan menggunakan konsep semiotika roland barthes.

Proses pengumpulan datanya dengan metode documentasi berupa lirik lagu tersebut dan studi pustaka. Tahapan periset dalam melakukan analisis semiotika yaitu; mendefinisikan objek analisis atau riset, mengumpulkan teks, mendeskripsikan teks, menafsirkan teks, membuat generalisasi konsep dan membuat kesimpulan.

Dalam riset ini telah ditemukan beberapa propaganda nasionalisme religious dalam lirik Mars Hari Santri Nasional diantaranya ajakan untuk menyadari bahwa kemerdekaan nasional harus disyukuri, Balasan Allah Kepada para pejuang kemerdekaan, Santri dan Kiai berjuang dengan iklas dalam merebut kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia merupakan pemberian Allah SWT, Mengisi kemerdekaan dengan berakhlaqul karimah, Berdoa dan Berziarah ke makam syuhada pejuang kemerdekaan.

Adapun Jurnal Lengkapnya Bisa didapat di [email protected]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.