Dr. Zainal Abidin Bedah Prosektor dan Upaya Pencegahan Dampak Sengketa Pemilukada

""

Portalarjuna.net-Pasuruan. Selasa, 07/03/17 Dr. Zainal Abidin atau yang biasa disebut Habib Zainal turut hadir dalam agenda Koordinasi Forum Diskusi Politik bagi Ormas, Parpol dan LSM yang dilaksanakan oleh Bakesbang Pol Kabupaten Pasuruan. Pengalaman beliau dalam pemilu sebagai komisioner KPU membuatnya dipilih untuk menyampaikan materi “Prosektor dan upaya pencegahan dampak sengketa pemilukada 2018.”

Adanya perselisihan yang terjadi dalam pilkada menurut beliau bisa ditimbulkan oleh dua hal yaitu perbedaan penafsiran antara para pihak atau ketidakjelasan dengan masalah kegiatan atau ketentuan peratauran, dan pengakuan atau pendapat dari salah satu pihak mendapat penolakan, pengakuan berbeda atau penghindaran dari pihak lain.

Dalam forum tersebut beliau juga berpesan bahwa sebagai perwakilan dari Ormas, LSM dan Parpol, para audience bisa mempengaruhi atau minimal menyampaikan kepada para masyarakat untuk bisa menjadi pemilih yang cerdas. Dalam artian tidak terpengaruh oleh berbagai strategi suap menyuap para kandidat.

Habib Zainal menyampaikan materi tersebut secara ringan dengan menggunakan bahasa informal selain karena para audience yang hadir adalah mayoritas seumuran dengan beliau, tapi juga untuk mengurangi kejenuhan akan materi yang beliau sampaikan.(Dh)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.