Meninggal Sakit Perut, Muzammil Syafi’i sebut Abah Roeslan Mati Syahid

""

Portalarjuna.net-Muzammil Syafi’i politisi asal Pasuruan, yang saat ini duduk di kursi DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut, katakan bahwa H M Roeslan yang meninggal Sabtu 11/03 kemarin, termasuk dalam kategori orang Mati syahid, berikut ulasan mantan Wakil Bupati Pasuruan tersebut:
{وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (156)} [البقرة : 155-156]
“Sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutanm kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. dan berikanlah khabar genmbira kepada orang orang yang bersabar. ( 155 ) Yaitu orang orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan ” Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun ” ( 156 ).”

Mati adalah mutlak kewenangan Allah yang tdk bisa diajukan ataupun diundur barang sedikitpun kalau sudah waktunya seorang pasti mati, tidak melihat sehat atau sakit, tua ataupun muda, msikin ataupun kaya, tidak terkecuali kakak, saudara, oang tua saya H RUSLAN telah meninggal dunia kemarin hari Sabtu dan dimakamkan hari ini Ahad 12 Maret 2017 akibat karena sakit perut karena lambungnya bocor sehingga mencemari seluruh organ dalamnya dan dilakukan operasi tapi tdk bisa tertolong nyawanya. kita semua berharap memenuhi Hadits Rasulullah SAW yang artinya : ” Syuhada’ itu ada lima, yaitu orang yang meninggal karena penyakit Tho’un, orang yang meninggal karena penyakit Perut, orang yang mati tenggelam, orang meninggal karena tertimpa reruntuhan dan orang yang gugur di jalan Allah ” yang berarti mati syahid karena mati akibat sakit perut.

Melihat banyaknya orang yang mensholati dan mengantar jenazahnya salah satu indikasi bahwa almarhum adalah orang baik dan setelah dimintakan isy’had sebanyak 3 kali bahwa beliau adalah orang baik maka wajib dimasukkan dalam surga. tanda tanda orang baik bisa dilihat hampir semua orang memanggil dengan panggilan ABA, kalau di indonesia penggailan Aba diperuntukkan pada ayah atau mertua dan orang orang yg sangat dihormati, hampir semua orang menganggap orang tuanya dan sahabatnya senidiri. bukan tanpa sebab beliau dipanggil ABA, karena memang banyak orang menggantungkan hidupnya dari usaha yang dikelolah oleh Haji Ruslan, ada Pabrik Rokok, ada Wahana Rejerasi Saygon, ada Wisata Kurma, ada Perusahaan Banoncon, dana Perusahaan Pavingstone pemecah batu, Peborongan, Perusahaan Angkutan ada Koperasi dan banyak lagi yang lain.

Banyak juga yang sudah menerima kebaikan Kesolihan Sosialnya dalam bentuk memberikan modal kerja, memberikan bantuan lapangan kerja, dan banyak pula Panitia Pembangunan Masjid Musholla dan Madrasah Sekolah yang menerima bantuan dari beliau, pernah suatu saat saya berbincang dengan dengan beliau terkait dengan memikirkan nasib orang banyak, begitu peduli pada nasib sesama sehingga saya menyebut beliau lebih dari seorang Kiyai, karena beliau melakukan da’wah bilhal ( dengan tindakan ) dan da’wah bilmal ( dengan harta benda ), semoga amal jariyahnya yang telah menempel di berbagai musholla dan masjid menjadi amal jariyah yang pahalanya tidak terputus ilayaumil qiyamah dan allah akan membangunkan rumah di surga sesuai dengan janji Rasulullah ” barang siapa yg membangun masjid karena lillahi ta’alah maka Allah akan membangun rumah di surga.

Kepedulian akan kebaikan ummat beliau tunjukkan dengan berbagai aktivitas serta keinginan negara baik, menurut beliau pernah disampaikan ke saya : kulo niki sangat prihatin dengan kondisi saat ini, terutama sekali sulitnya memperoleh ijin bagi seorang yang akan membuka usaha di Pasuruan, terus dospundi Pak jamil ” saya selalu sering bertemu dan beriskusi untuk memperbaiki keummatan, beliau menginginkan bagaimana tiyang jowo niki saget mengalahkan tiyang asing, makanya beliau banyak mendorong anak anak muda utk bekerja keras agar bisa menguasai perekoniman kita.

Sampai pada tahun 2008 saya mencalonkan sebagai Bupati bergandengan dengan Zubaidi, beliau berhari hari ikut berdiskiusi dalam merumuskan Visi Misi Jadi bersama para Pakar dari Unair dan unibraw serta Unej. beliau mengisi ruang kosong dalam konsep pengembangan ekonimi secara praktis. tidak cuma menyumbangkan pemikiran namun juga menyumbangkan Dana yang sangat banyak serta tenaga, tidak hanya dirinya juga keluarganya anak anaknya. Mengapa beliau demikain, pernah berkata bahwa untuk memperbaiki daerah ini harus dimulai dari pemimpinnya, kalau pemimpinnya baik pasti semua baik.

Pernah suatu saat saya bertanya pada beliau, Pak haji kalau Allah mentaqdirkan saya jadi Bupati apa yang harus saya lalukan untuk jenengan. beliau menjawab : ” Kulo mboten nedi balasan nopo nopo terng jenengan, saya minta satu. Tolong jangan dipersulit bila ada orang yang akan mengajukan ijin mendirikan usaha “. Luar biasa seorang membantu dalam politik apalagi Kepala Daerah yang tidak menghaarapkan konpensasi atas kekuasaan itu. Banyak orang berkiprah membantu seorang yang mencalonkan diri baik dalam finansial maupun tenaga namun dengan tujuan ketika menjabat memperoleh sesuatu. Nah itulah menjadi beratnya cost politik dari seorang calon sehingga menjadikan seorang calon jadi harus mengembalikan cost yg sudah dilkeluarkan apalagi dengan janji hutang dengan proyek. itulah awal timbulnya penyimpangan ketika dia menjabat. Sayang saya belum ditakdirkan utk menang dlm Pilkada 2008 sbg Bupati.

Beberapa kali menerima penghargaan dari Pemerintah karena keberhasilan dalam mengembangkan potensi lingkungan dan SDM generasi muda mengantar beliau ke istana. belaiu tegas dan bloko suto sehingga kalau orang yang dak tahu kaget dengan ucapannya yang kadangkala cespleng. tapi setelah berpisah pasti menyadari bahwa itu aalah nasehat yang bagus untuk pengembangan diri.

Pasuruan telah kehilangan seorang yang punya potensi besar, saking tidak maunya membuang waktu Beliau menyebut dirinya sebagai Kabag ( kepala Bagian ) SERABUTAN karena segala macam yang ditangani dan dibantu.
Selamat Jalan Sahabat, Kakak dan Orang Tuaku dan orang tua kita semua, semoga Husnul Khotimah diampuni segaka dosa dosanya, diterima amal ibadahanya dan dimasukkan dalam surga Nya. Amin Ya Robal alamin, semoga anak cucunya bisa melanjutkan amal ibadah beliau. dengan SHOLIH SOSIAL.

Disalin dari Akun: Muzammil Syafi’i

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.