ANTUSIAS WARGA MELAKUKAN SIMULASI MALING

""

Portal Arjuna.net-Randupitu- Ketenangan warga Dusun Randupitu, Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kamis (27/7) malam terusik. Salah satu rumah tetangga mereka dimasuki pencuri. Pelaku yang hendak membawa kabur seekor kambing, berhasil ditangkap petugas ronda.

Peristiwa bermula ketika empat warga melakukan siskamling. Dua di antaranya berpatroli keliling kampung. Tiba-tiba, mereka dikejutkan teriakan maling dari salah satu rumah. Mereka mengepung pelaku yang berusaha kabur. Warga yang emosi, berusaha main hakim sendiri.

Namun, berkat kesigapan petugas ronda, pencuri yang menggunakan penutup kepala warna hijau, diamankan dan dibawa ke pos kamling. Mereka kemudian menghubungi ketua RT dan kepala desa setempat yang diteruskan ke babinkamtibmas.

Warga yang emosi menggeruduk pos kamling dan ingin melampiaskan kemarahan, tetapi dapat dicegah. Petugas babinkamtibmas yang datang ke lokasi membawa pencuri ke kantor polisi.

Kasus pencurian kambing merupakan simulasi dalam lomba Simkamling tingkat Kabupaten Kendal yang digelar pemkab bersama Polres. Camat Drs. H. Moh Ridwan, MM mengatakan siskamling perlu digalakkan kembali untuk mendorong partisipasi warga. “Salah satu kekompakan dimulai dari siskamling. Dengan kebersamaan, pembangunan dari skala kecil hingga besar akan terwujud sesuai harapan,” tuturnya.

Kapolres Kabupaten Pasuruan menjelaskan, penilaian terdiri atas fisik berupa bangunan pos kamling, lokasi, dan kerapian. Juga kelengkapan seperti kentongan, lampu senter, tanda jaga, jas hujan/payung, dan tongkat atau pentungan.

Faktor lain adalah penanganan pertama gangguan kamtibmas dan kasus tertangkap tangan, hingga koordinasi dengan Polri, pemadam kebakaran, PLN, ambulans dan yang lainnya. (Erni)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.