Gerakan 1000 Cup Es Krim Kingkong sukses menjadi daya dobrak Animo warga Desa Karanglo

""

Portalarjuna.net – Telah terbukti bawasannya pembuatan 1000 Cup Es Krim di Desa Karanglo Kecamatan Grati menjadi daya tarik tersendiri. Warga sangat tertarik melihat aksi pemberdayaan masyarakat yang di adakan KKN kelompok 14 Universitas Yudharta Pasuruan di Balai Desa Karanglo bersamaan dengan acara jalan jantung sehat yang di adakan Kepala Desa Karanglo Ahmad Bawon, minggu (27/08/17).

“Selama pembuatan es krim ada beberapa kendala namun alhamdulillah bisa teratasi” ujar Ana mahasiswa ITP (Ilmu Teknologi Pangan) Universitas Yudharta Pasuruan. Saat pembuatan peserta cukup senang dan berjalan lancar hingga acara pembuatan selesai. Disisi lain ada sedikit kericuhan ketika pembagian es krim kepada masyarkat karena sangat antusias ingin menikmati.

Gerakan ini sukses menjadi pendobrak warga  dalam memulai bisnis baru, sekaligus menjadi peluang besar dibidang ekonomi kreatif dan juga membantu ekonomi penduduk yang kesulitan mencari pekerjaan. Awal mulanya gerakan ini adalah hasil evaluasi dari progam pelatihan Es krim di beberapa Dusun yang sudah terlaksana selama 2 minggu. ” Ini pertama kali saya mengikuti gerakan yang unik dan asik , saya senang sekali ” ungkap ibu Sa’adah Warga Dusun Curahwulu.

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan penghargaan kepada peserta yang sudah berpartisipasi dalam pembuatan 1000 Cup Es Krim Kingkong. Filosofi dari Es Krim Kingkong sendiri adalah dari kata King yang berarti Raja dan kata Kong yang berarti Singkong. Dari gabungan kalimat tersebut yang berarti Rajanya Es Krim Singkong.

Hasil dari gerakan ini langsung diadakan pembentukan kelompok Es krim Desa Karanglo. Komunitas Anak Singkong sebagai nama sementara. Langkah selanjutnya komunitas ini berencana akan membawa Desa Karanglo menjadi Branding terkenal dengan ciri khas Es Krim Kingkongnya. Tak hanya jika produk es krim ini berhasil dan di setujui oleh pimpinan Satrya Emas dan Dinas Kesehatan, maka Es Krim Kingkong ini akan di pamerkan di Taman Candra Wilwatikta Pandaan pada event kabupaten Pasuruan mendatang.(bas)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.