Peluang Usaha Budidaya Kentang Yang Menguntungkan

""

Portalarjuna.net- Bercocok tanam atau memanfaatkan tanah kosong untuk dijadikan sebagai lahan pertanian merupakan hal yang sangat bijaksana, karena dengan begitu kita akan mendapatkan hasil dari bercocok tanam tersebut. Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditanam diantaranya menanam kentang yang dapat menjadi salah satu peluang usaha pertanian yang menguntungkan.

Kentang pada dasarnya merupakan sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Bahkan kentang dijadikan salah satu makanan pokok disuatu daerah. Di Kecamatan Tosari salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu tempat yang menjanjikan untuk memulai usaha pertanian ini. Rabu (19/9/17)

Hampir keseluruhan daerah Tosari dijadikan sebagai lahan pertanian, salah satunya yakni lahan pertanian untuk jenis sayuran kentang. Salah satu petani yang menjadikan kentang sebagai salah satu sayuran yang ditanamnya adalah Paino, menurutnya bertani kentang sudah dijalaninya hampir 10 tahun lamanya. Awal usaha bertaninya ia hanya mengolah ½ ha kebun saja. Tetapi, dari tahun- ketahun kebun yang ditanami kentang olehnya kini berkembang menjadi 3 ha dikarenakan permintaan akan sayuran kentang meningkat.

Jenis kentang yang ditanamnya merupakan jenis kentang unggulan yang memiliki ukuran besar dan dan juga berisi. Menurut Paino (30) “Kebanyakan yang saya tanam adalah jenis kentang unggulan yang memiliki ukuran besar. Waktu pertama kali saya menanam kentang jenis unggulan saya mendapatkan hasil panen yang sangat memuaskan dalam kurun waktu 2 bulan penanamannya. Dari panen tersebut saya bisa mendapatkan uang sekitar 10 juta.” (Ip)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.