Bingung Nge-filter Berita Hoax? Ini Saran Etika Mencari Informasi Ala Gitasav

""

portalarjuna.net-Sosial media bagi setiap orang merupakan hal yang cukup lumrah dan hampir seluruh pengguna internet memiliki setiap akunnya. Berbagi informasi ataupun hanya sekedar kegiatan sehari-hari mulai mereka lakukan di dunia maya. Kebebasan mengemukakan pendapat sudah menjadi kebiasaan yang biasa terjadi di dunia maya dan tidak adanya batasan usia hingga status sosial itu pun mulai menimbulkan berbagai dampak, salah satunya penyebaran informasi hoax.

Timbulnya dampak yang semakin lama semakin parah ini dapat memunculkan banyaknya kerugian diantaranya dapat menjadi alat penipuan publik, adu domba antar beberapa pihak dan juga dapat banyak membuang waktu dan bahkan uang.

Dengan fenomena yang jelas terlihat tersebut kita dapat belajar dari salah seorang youtuber muda yang juga baru saja menulis buku pertamanya dengan judul “Rentang Kisah.” Perempuan yang baru saja menuntaskan skripsinya di Frei Universitat Berlin ini memiliki tips dalam beretika mencari informasi. Tips-tips yang dikemas dalam sebuah video berdurasi 11 menit lebih 13 detik tersebut menampilkan sebuah diskusi ringan oleh PPIJ TV dengan Gita Savitri Devi.

Gita mengungkapkan bahwa dalam memfilter segala informasi yang diterima yaitu dengan mengikuti akun-akun berita official atau resmi dan tidak membuka akun-akun yang mencurigakan seperti halnya akun yang berisi judul konten clickbait atau isinya terlalu mendiskriminasi dan terlalu menyudutkan satu kaum. Dia juga memberikan saran bagi para pemuda dalam mengembangkan diri untuk bisa keep up to date dengan apa yang terjadi di dunia sekarang, yaitu dengan mengubah cara pikir dan membuka pikiran akan pentingnya mengetahui keadaan dan apa yang sedang terjadi di luar negara.(dh)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.