Tingkatkan Kemananan, KOMINFO Intruksikan Masyarakat Melakukan Registrasi Ulang SIM Card

""

Portalarjuna.net– Demi meningkatkan kualitas kemamanan data konsumen dan usaha perwujudan “Single Identity Nasional” dalam hal ini Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Dinas Pencatatan Sipil serta berbagai perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Indonesia untuk melakukan validasi nomor SIM Card menggunakan Nomor KTP / KK. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk calon pengguna kartu baru saja, tapi juga diinstruksikan kepada para pengguna sim card lama.

Penetapan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Aturan ini akan mulai diberlakukan tanggal 31 Oktober 2017 s/d Februaru 2018. Adapun konsekwensi yang akan diterima oleh pengguna SIM CARD lama yang tidak melakukan registrasi ulang adalah pemblokiran nomor pelanggan lama secara bertahap.

Dikutip dari akun resmi Dinas Kominfo “Proses registrasi dinyatakan berhasil apabila data yang dimasukkan calon pelanggan dan pelanggan lama prabayar tervalidasi,”

Cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Sedangkan untuk pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#

Selain itu, dalam aturan ini juga menerapkan aturan kepemilikan kartu seluler. Setiap satu NIK, pelanggan bisa meregistrasikan sendiri paling banyak tiga nomor seluler, baik itu prabayar atau pascabayar dan dari operator manapun.

Jika kamu punya lebih dari tiga nomor, registrasi wajib dilakukan di Gerai Operator atau milik Mitra Operator. Jadi buat kalian yang sering beli kartu perdana sekali pakai dan langsung buang, katakan selamat tinggal. (Dianis)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.