Warga Desa Rejoso Berebut Ancak pada Acara Tasyakuran Desa

""

Portalarjuna.net-Sabtu, (14/10/17) warga Desa Sumberejo Kec. Purwosari  berbondong-bondong untuk saling merebutkan sejumlah makanan yang di hias sedemikian rupa atau warga Desa Rejoso sering menyebutnya dengan istilah ancak. Kegiatan tersebut guna untuk memperingati bulan Muharram atau dalam istilah Jawa disebut bulan Suro

Walaupun panas terik matahari begitu membakar tubuh warga, namun tak sedikit warga yang rela menanti dan menunggu untuk seserahan ancak yang akan di perebutkan. Tidak hanya warga Desa Rejoso saja yang hadir untuk saling merebutkan ancak tersebut namun ada juga yang dari tetangga desa yang ikut serta meramaikan acara tersebut. Seserahan tersebut selalu diadakan setiap tahun pada bulan-bulan jawa seperti bulan Suro ini.

Sebelum acara di mulai banyak pra acara yang di lakukan seperti Marcing Band yang mengiringi ancak untuk mengelilingi Desa Rejoso. “Kita mengadakan acara seperti ini untuk mewujudkan rasa syukur kita atas apa yang telah diberikan kepada sang pencipta” tutur Pak Dimyati selaku Bapak lurah di Desa Sumberejo. (ayu.n)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.