Tanam Apel, Modal Kecil Keuntungan Besar

""

Portalarjuna.net- Tutur, selasa (28/02/18) Bertani akan sangat menguntungkan jika ditekuni dengan kerja keras yang tinggi agar dapat menjadi petani yang sukses. Hal ini dibuktikan dengan para petani yang berada di Daerah Pasuruan tepatnya di Desa Ngaroh Kecamatan Tutur yang mayoritas penduduknya berprofesi menjadi seorang petani.

Hampir keseluruhan Desa Ngaroh dijadikan sebagai lahan pertanian, salah satunya yaitu lahan pertanian untuk jenis buah apel.  Salah satu petani yang menjadikan apel sebagai salah satu buah yang ditanamnya adalah Jarwadi. Ia telah bertani apel baru sekitaran 5 tahun. Namun, ia sudah mendapatkan keuntungan sekitar  50 juta perpanennya.

“Biasanya sekali panen saya mendapatkan keuntungan 50 juta dengan lahan seluas 1 hektar,”  ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwasannya menjadi petani apel tidak akan mengalami kerugian walaupun harga apel ditingkat pasar nasional menurun. Hal ini dikarenakan biaya perawatan tanaman buah apel yang tidak terlalu tinggi.

“Kalau perawatannya sendiri, saya membutuhkan biaya hanya 5 juta pertanamnya. 5 juta itu sudah termasuk untuk membeli pupuknya,”  jelasnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh petani apel yang lainnya yang mengatakan bahwa menjadi petani apel tidak akan mengalami kerugian yang tinggi , walaupun harga apel sedang mengalami penurunan.

“Sudah hampir 8 tahun saya menjadi petani apel. Namun, saya selalu mendapatkan keuntungan yang besar setiap panennya, walaupun harga apel dipasaran sedang menurun,” ujar Bima salah petani apel di Desa Ngaroh. (El)

Leave a Reply