Warung Dowo Macet Tiap Hari, Galian Pipa Proyek SPAM Umbulan Inilah Sebabnya

""

Portalarjuna.net- Kejayan, Kamis(08/02/2018). Kemacetan lalu lintas di jalur  Malang-Pasuruan bukanlah perkara baru, khususnya belakangan ini di daerah Warung Dowo, Kejayan, Kab.Pasuruan. Hal ini disebabkan adanya proses pemasangan pipa mega proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Desa Umbulan, Winongan, Kabupaten Pasuruan.

Dari arah Malang menuju Pasuruan untuk sampai traffic light (TL)  perempatan pasar Warung Dowo kemacetan bisa mencapai 2 Km bahkan lebih dari arah selatan, begitu juga sebaliknya, baik dari arah timur dan barat TL pasar Warung Dowo. Sedangkan dari arah utara hanya bisa digunakan satu jalur saja dengan kondisi jalan yang rusak akibat dari proses pemasangan pipa SPAM tersebut.

Kondisi jalan yang sempit  dan padatnya arus membuat pengendara harus ekstra sabar, belum lagi jika hujan jalan akan menjadi licin karena banyak tanah dan lumpur bekas galian yang ditumpuk dibahu jalan. Apalagi saat jam berangkat kerja maupun pulang kerja kemacetan akan semakin bertambah. “Saya berangkat kerja 30 menit lebih lebih awal dari biasanya tiap hari supaya tidak terlambat kerja,jalanya macet dan licin,” ujar Soleh pengendara motor yang setiap harinya melewati jalan tersebut.

Proses pemasangan pipa SPAM ini terus dikebut pengerjaanya. Pipa yang ke arah utara TL Warung Dowo sudah sampai di Pleret tepat sebelum gapura masuk kota Pasuruan, sedangkan yang ke arah timur masih sampai di depan pasar Warung Dowo.

Mega Proyek yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Wakil Presidan H. Jusuf Kalla ini sendiri merupakan proyek nasional. Air minum dari SPAM Umbulan tersebut nantinya akan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Bersih pemprov Jawa Timur untuk kemudian diisalurkan  ke lima PDAM kabupaten/kota, yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kab.Pasuruan dan Kota  Pasuruan. (Mud)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.