Guna Meningkatkan Kesehatan Lansia, Pemdes Cendono Adakan Posyandu Setiap Bulan

""

Gambar: Suasana di Posyandu Lansia(21/11)

Portalarjuna.Net-Purwosari, Kegiatan rutinan Posyandu Lansia bertempat di Dusun Pesanggrahan Rt.01/Rw.03, Desa Cendono. Posyandu lansia Desa Cendono di laksanakan setiap bulan sekali dengan jadwal dibagi 3 Dusun mulai Dusun Jati Kauman, Sumber Yudho, Pesanggrahan.

Posyandu lansia bertujuan untuk mengontrol kesehatan tubuh yang terus di gerogoti usia. Fasilitas kesehatan itu didapatnya dari Program Kader Pemdes yang di layani oleh bidan Desa Luluk Masfufa dan asistennya.

Kegiatan Posyandu dimulai pukul 8 dan dibuka oleh senam lansia bersama lalu di isi dengan penyuluhan informasi oleh bidan yang terakhir yaitu pemeriksaan kesehatan mulai dari berat badan hingga tensi darah.

Anggota sangat merasa penting dan bermanfaat dengan adanya kegiatan ini karena lebih mudah untuk mengontrol kesehatannya tanpa jauh-jauh ke dokter.

“Posyandu  ini sangat penting dan berarti bagi saya, tanpa jauh-jauh pergi ke dokter saya sudah bisa mengontrol kesehatan setiap bulannya” ujar Darmini peserta Posyandu Lansia.

Memang banyak sekali manfaatnya bagi lansia untuk mengontrol kesahatan tubuhnya hanya dengan membayar Rp.2000 saja

“Anggota yang hadir bisa mencapai 30 orang tiap pertemuan,” ujar wanita yang sudah cukup sepuh ini. Tinap, panggilan wanita itu, mengatakan, anggotanya memang tidak terlalu banyak karena hanya dalam lingkup 1 Dusun.

Kegiatan yang sangat positif ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun dan Pengurus posyandu berharap agar meminimalisir lansia yang sakit. (hesti)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.