Sedekah Bumi Desa Cendono mengusung tema 4 Sehat 5 sempurna

""

Gambar; Suasana Upacara Adat Sedekah Bumi Di Cendono

Portalarjuna.net,-Purwosari, Sedekah Bumi adalah suatu upacra adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara adat ini sudah populer di Indonesia seperti halnya di Desa Cendono Kecamatan Purwosari Kabupaten pasuruan. Dengan mengusung tema 4 Sehat 5 sempurna (29/09).

Sedekah Bumi di gelar setiap 2 tahun sekali dan bertepatan setiap Hari Minggudi Balai Desa Cendono. Upacara Adat ini di selenggarakan Pemerintah Desa (PEMDES) juga dihadiri langsung oleh bapak Camat Kecamatan Purwosari.

Upacara adat Sedekah Bumi yang dilaksanakan masyarakat Desa Cendono, merupakan adat dari nenek moyang terdahulu. Sekalipun di era teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini, namun masyarakat Desa Cendono dengan sukarela tetap berusaha mempertahankan tradisi, peninggalan nenek moyang.

Dalam sambutannya kepala desa Cendonom enuturkan agar masyarakat Desa Cendono tetap guyub rukun dalam mengikuti acara sedekah bumi ini.

Masyarakat Desa Cendonom enyiapkan sesajinya jauh-jauh hari dengan guyub rukun dan semangat gotong royong untukm engikuti acara Sedekah Bumi ini” ujarKepala Desa Cendono

Pada upacara adat Sedekah Bumi kali inimasyarakat desa Cendono dibagi per RT untuk membuat satu sesaji yang disebut dengan ancak bertemakan “4 sehat 5 sempurna”. Dan tidak hanya itu ancak yang bagus, kreatif dan sesuai dengan tema akan mendapat hadiah khusus dari pemerintah Desa Cendono.

Setelah semua ancak terkumpul dibalai Desa dalam hitungan menit saja lautan masyarakat telah menyapuh bersih dengan berebut isi ancak satu sama lain. Meskipun dibawah terik matahari tidak menyurutkan semangat dari masyarakat untuk saling berebut dalam Acara Adat “Sedekah Bumi” Desa Cendono. (Hesti)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.