Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 24 April 2024

Gresik Terapkan PSBB, Pelayaran ke Bawean Ditutup

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net-Gresik, Selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), per 24 April 2020, Otoritas Pelabuhan Gresik menutup pelayaran dari arah Gresik-Bawean maupun arah sebaliknya.

Saat PSBB diberlakukan, warga mesti melakukan peliburan. Peliburan berarti pembatasan proses bekerja, belajar, atau kegiatan keagamaan dan menggantinya dengan kegiatan di rumah/tempat tinggal.

Terkait dengan itu, Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas II Gresik melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelarangan mudik ke Pulau Bawean.

Larangan mudik itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jalur laut pelayaran ke Pulau Bawean hanya dioperasikan Kapal Gili Iyang sebagai pelayanan logistik, bukan untuk melayani penumpang.

Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Gresik Capt Masri T Randa Bunga mengatakan, pihaknya bersama petugas memberikan selebaran pengumuman dan informasi tentang tidak adanya layanan untuk penumpang.

“Kapal yang saat ini beroperasi Kapal KMP Gili Iyang pun hanya diperuntukkan untuk kebutuhan logistik sembako saja. Itu terhitung mulai tanggal 25 April sampai 31 Mei 2020,” katanya, Minggu (26/04/2020).

Ia menambahkan, Kapal Gili Iyang tetap beroperasi, tapi hanya logistik saja. Kendati demikian ABK-nya tetap menjalani SOP kesehatan.

“Kita mengantisipasi saja, takutnya kalau ada ABK yang tertular pastinya tidak hanya layanan logistik saja,” imbuhnya. (BOY)

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial