Kewajiban Belajar di Luar Prodi bagi Mahasiswa, Kejutan dari Nadiem Makarim

""

Photo by : kampus merdeka liputan 6

PortalArjuna.net-Pasuruan, baru-baru ini dunia pendidikan mendapat angin segar dari pihak Kemendikbud, pasalnya ada metode belajar baru yang akan di terapkan untuk mahasiswa S1 yang umumnya memiliki jatah delapan semester, kementrian memberikan hak dua semester dari delapan semester itu bisa diambil diluar prodi (kelas).

Dengan membebaskan mahasiswa belajar diluar kelas selama dua semester, dikutip dari harian mahasiswa.net Nadiem Makarim ingin mahasiswa belajar berbagai macam pengetahuan di lapangan, “ di manapun banyak sekali variablity yang bisa didapat, banyak sekali kondisi untuk melatih kemampuan adaptif mahasiswa” ungkap Mendikbud, Nadiem Makariem pada senin (11/05/20).

Nadiem mencontohkan kegiatan dua semester diluar kelas seperti magang, kerja praktek dan juga mengajar di daerah terpencil. Hal ini tentu bisa mendatangkan banyak pengalaman dan keuntungan bagi mahasiswa maupun pihak dosen, selain untuk memperkaya riset, dengan adanya program ini mahasiswa dan dosen tentu bisa menciptakan kurikulum sendiri atau project independent study. Mereka bisa berkontribusi di manapun selama satu tahun akademik, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa bisa tukar belajar antara universitas mancanegara melalui program ini, segala kemungkinan di berbagai sektor bisa di gunakan mahasiswa untuk memperkaya riset dengan belajar diluar prodi selama dua semester.

Setelah peraturan Menteri Pendidikan terbit, maka peraturan tersebut efektif berlaku bagi universitas di Indonesia, namun demikian program ini bukan termasuk program wajib bagi mahasiswa, tetapi sebagai program opsi yang wajib di terapkan di seluruh universitas di Indonesia. (Isna)

Sumber : Mahasiswa.net

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.