Almarhum Kiai Ud, Mantan WaliKota Mojokerto Sudah 120 Kali Khatamkan Alqur’an Selama di Lapas

""

Foto Istibsyaroh (Pona’an Masud) saat didepan rumah kediaman Almarhum.

PortalArjuna.Net-Mojokerto, KH. Mas’ud Yunus atau biasa disapa akrab Kiai UD tutup usia pada umur 68 Tahun di Lapas Kelas I Surabaya Porong, Sidoarjo. Beliau merupakan mantan Walikota Mojokerto yang sudah mengkhatamkan al-qur’an sampai 120 kali selama menjalani masa tahanannya.

Keponakan Mas’ud, Istibsyaroh mengatakan, sosok kakaknya merupakan orang yang selalu memberikan semangat pada semua orang termasuk keluarga.

“Tolong semuanya di ajak jika ada kesusahan” itu ucapan beliau waktu terakhir bisa bertemu pada Maret lalu,” Tuturnya.

Terlebih, semasa hidupnya saat menjalani hukuman didalam Lapas, tetap melaksanakan kewajiban beribadah patutnya sebagai umat muslim. Istibsyaroh juga menuturkan bahwa Kakaknya itu rajin beribadah selama menjalani hukuman di Lapas Porong. Salah satunya, selalu membaca Al-Qur’an setiap usai salat lima waktu.
Tak hanya itu, Kiai Ud juga rutin mengajar mengaji selama di Lapas Porong. Baik terhadap penghuni lapas maupun jemaah Al Ummahat dari Kota Mojokerto. Pengajian rutin itu berlangsung sebelum Covid-19 mewabah.

“Saya rutin ke sana (menemui Mas’ud di Lapas Porong) setiap hari Selasa dan Sabtu dengan jemaah Al Ummahat satu mobil. Mengaji bawa kitab, diajar oleh beliau,” terangnya.

Dia mengaku terakhir kali bertemu Mas’ud Yunus Maret lalu, sebelum pandemi Covid-19. Saat itu dia mendapat banyak wejangan dari beliau.
Selain mengkhatamkan Al Quran selama didalam Lapas, Kyai Ud juga rupanya sudah membuat 13 buku seperti arti istghosah, dan tentang haji yang dapat dijadikan buku tuntunan untuk kaum awam dan anggota Napi lainnya. (Ilaa)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.