Keunikan Kue Viral Odading

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Kue yang lagi beredar viral ini, dikenal orang dengan sebutan Kue Odading, tapi tau gak sih sebenarnya Kue Odading ini memiliki keunikan nama lain yang unik dari berbagai daerah.

Makanan berbahan dasar tepung ini memang sangat digandrungi oleh banyak orang, tetapi setelah beredar orang membuat video lucu dengan memperkenalkan odading mang oleh, masyarakat berbondong-bondong ingin mencoba merasakan bahkan sekarang banyak sekali resep yang sudah banyak di media internet untuk membuatnya.

Dilansir dari sumber internet asal usul kue ini cukup lucu karena dahulu ada kue goreng tak bernama yang terbuat dari adonan terigu campur gula.nSuatu ketika seorang anak kecil Belanda merengek kepada ibunya minta dibelikan kue tak bernama itu. Rengekan sang anak membuat ibunya penasaran dengan bentuk kudapan itu.

Kemudian ia panggil seorang ujang penjual kue. Orang Belanda itu menyuruh si penjual kue keliling untuk membuka daun pisang penutup kue di nyiru. Begitu melihat roti goreng itu, sang ibu berkata dengan heran, “O, dat ding?” yang artinya “O, benda itu?”. Terdengar lucu dan unik, si penjual kue akhirnya menceritakan kepada ibu dan orang-orang di kampungnya. Ia mengatakan bahwa kue tak bernama itu disebut odading. Kata yang spontan dari orang Belanda itu akhirnya membuat roti goreng ini disebut odading hingga sekarang.

Tetapi beberapa wilayah Indonesia Seperti di Jakarta dinamai kue bantal, di solo dinamai gembukan, di Yogyakarta dinamai galundeng, di Banjarmasin dinamai kue untuk-untuk, di Medan dinamai kue bohon, di Magelang dinamai Gondang- Gandung, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah.

Makanan odading ini sangat merakyat dan mudah dicari di berbagai daerah. (Taufik)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.