Bau Menyengat Pabrik Udang Merisaukan Warga Nguling

""

Gambar : Tampak Samping Pabrik Udang Ds. Sidomulyo Kec. Nguling Kab. Pasuruan

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Warga Desa Sudimulyo Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan, dirisaukan dengan adanya pabrik udang ditengah kerumunan rumah warga. Terdapat limbah pabrik yang berserakan, dan mengeluarkan bau yang sangat menyengat, sehingga membuat masyarakat sekitar terganggu.

Pabrik Udang di Desa Sudimulyo, Kecamatan Nguling ini sudah ada dari beberapa tahun yang lalu. Namun, bau menyengat yang bersumber dari pabrik tersebut tercium sepekan akhir ini. Perluasan lahan pabrik juga mengakibatkan penambahan bahan produksi yang akhirnya semakin menumpuk dan membuat bau tidak sedap.

Masyarakat Desa Sidomulyo yang mayoritasnya berkerja sebagai petani merasa sangat terganggu karena lokasi Pabrik Udang yang juga berdekatan dengan sawah milik warga sekitar. Budi salah seorang petani mengatakan “akibat bau ini saya jadi terganggu untuk melakukan aktifitas saya, tapi ya mau bagaimana lagi kehidupan dan aktifitas sehari-hari harus tetap berjalan”.

Kepala desa setempat mengaku sudah memberikan himabuan dan peringatan terhadap pemilik pabrik. Pemilik pabrik juga memberikan klarifikasi bahwa akan mengusahakan sebaik mungkin untuk keeepannya “saya sudah menyewa lahan ini, jadi itu hak saya. Tapi saya juga akan mengusahakan tidak bau seperti ini lagi kedepannya”.

 

(MNI)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.