Hilangkan Penat Mahasiswa Yudharta Pasuruan Bermain Arum Jeram di Kembang Kuning, Sengon Agung

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Banyak sekali wisata yang ada di Pasuruan salah satunya yakni, wisata rafting yang bernama Eduwisata Kembang Kuning. Salahsatu Wisata yang mengacu adrenalin yakni rafting di sungai Jempinang yang berada di Desa Kembangkuning-Sengonagung-Purwosari-Pasuruan.

Wisata yang didirikan oleh Bapak Heri Sunarno bersama para pemuda Desa Kembang Kuning ini, dibangun pada bulan Oktober 2019 dan diresmikan pada tanggal 1 januari 2020, oleh salah satu putra pengasuh Pondok Pesantren Ngalah yakni H. Agus Ahmad Syaikhu. Dana murni yang didapatkan dari masyarakat kelompok karang taruna desa itu sendiri, yakni sebesar Rp 12.400.000. Kepala Dusun sangat mendukung sekali dengan akan dibangunnya tempat wisata tersebut,sampai-sampai beliau menyediakan lahan untuk dikelola di sekitar lokasi rafting.

Tak perlu membayar tiket masuk di wisata ini, tetapi jika ingin menikmati rafting dapat menyewa baju pelampung beserta helm dan ban hanya Rp 5.000 saja. Ada juga harga paket dengan fasilitas outbond, rafting dan sekaligus makan Rp 30.000/orang.

Menurut salah satu pengunjung Eduwisata Kembang Kuning “Sungai yang mengalir dari mata air sumber desa yang sangat jernih dan segar yang menawarkan arus jeram dengan memberikan paket terbaik alias ramah di kantong, membuat para wisatawan lokal ketagihan terus dengan segarnya air di sini” Ujar Rena.

Tujuannya didirikan wisata ini, sebagai pemberdayaan SDM sekitar desa. Alasan Pak Heri memilih tempat di Kembang Kuning, karena tempatnya yang cukup strategis dan dekat dengan lingkungan pendidikan, maka sangat terjangkau bagi wisatawan yang ingin berwisata ke tempat ini dan mencoba tantangannya. Ada berbagai fasilitas yang disediakan oleh eduwisata ini, seperti outbond, rafting, handy craft, farming dan produk hommade.

Wisata rafting memang menjadi salah satu wisata yang diminati bagi peminat petualang. Selain itu eduwisata ini menyediakan tempat untuk berbagai permainan outbond. Kadang kala tempat ini digunakan sebagai acara outbond, sekolah, mahasiswa dari berbagai jurusan dan juga wisatawan dari berbagai penjurus. Wisatawan juga bisa menemukan suasana baru disana dengan suasana persawahan yang luar biasa. Kawasan ini juga terdapat beberapa spot foto menarik dan unik yang ada di rafting Jempingan. Wisata ini sangat cocok untuk liburan semester.

Dengan menikmati sejuknya suasana keindahan alam dari berbagai tumbuhan dan derasnya air sungai Jempinang menjadi menambah keseruan wisatawan. Selain itu rafting juga dapat melatih kekompakan sesama teman, keluarga maupun rekan kerja  dalam satu kelompok.  Dan rencana selanjutnya ingin membuat homestay dan cafe malam, agar pengunjung yang suka ngopi dan tongkrongan dapat menikmati suasana eduwisata pada malam hari, hanya saja menunggu pemasangan listrik sendiri. Karena untuk saat ini listrik masih menyalur ke salah satu rumah warga disekitar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.