Ikhtiar Versi Ngalah Menangkal Virus Corona

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Wilayah Pasuruan yang dikenal dengan kota santri, memiliki beberapa pondok pesantren besar dengan santri dari berbagai macam daerah. Pondok pesantren Ngalah salah satunya, merupakan Ponpes besar dengan ribuan santri dari berbagai daerah, bahkan luar negeri. Telah membuka kembali pendidikan pondok pesantren dimasa pandemi dari akhir bulan Mei lalu, yang bertahan sampai sekarang.

Santriwan santriwati Ponpes Ngalah mempunyai keistiqomahan yang luar biasa dengan meminum Jamu Anti Virus Corona, setiap pagi dan sore. Penjagaan kontrol kesehatan juga dilaksanakan dengan disiplin, petugas kesehatan mengontrol setiap asrama dan lembaga untuk memastikan santri dalam keadaan sehat.

Ponpes Ngalah juga telah berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasurusan, untuk rutin menyemprotkan disinfektan setiap sebulan sekali diseluruh wilayah Ponpes Ngalah dan memberikan masker untuk santri. Hal ini diungkapkan oleh bapak Faidlus Sukri selaku ketua pondok, “Kita selalu berupaya untuk tetap menerapkan protokoler kesehatan disetiap kegiatan santri, dan juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, yang juga memberi 10.000 masker untuk santri”

Upaya pencegahan dengan meningkatkan imun kekebalan tubuh tidak hanya diwajibkan pada santri saja, melainkan juga pada seluruh warga, dan jamaah. ”Semua santriwan, santriwati,guru,dosen, siswa, mahasiswa , jamaah wajib meminum jamu Anti Virus Corona biar sehat dan tidak tertular” Pesan dari Pengasuh Ponpes Ngalah, K.H. Sholeh Bahruddin.

Pondok pesantren yang mendirikan pendidikan non formal dan formal ini mempunyai 10.116 santri non formal dan formal yang mampu bertahan ditengah zona merah kabupaten Pasuruan. Tidak tanggung- tanggung Pengasuh Ponpes Ngalah mengeluarkan banyak biaya untuk mencegah penuluran Covid-19.

Sudah tidak terhitung berapa jumlah total keseleuruhan jamu yang dikeluarkan, jamu yang terbuat dari sirsak, kulit buah manggis dan madu ini, cukup efisien untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh. Selain dengan usaha rutin memium jamu, ikhtiar batin juga dilakukan dengan membaca do’a, shalat penolak balak, dan pembacaan surat Yasin secara rutin.

 

(LY)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.