Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR Lulus Tanpa Sidang Skripsi

""

Gambar : riauin.com


PortalArjuna-Net-Riau, Mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR) dinyatakan lulus tanpa menjalani sidang skripsi. Hal tersebut karena Muhammad Yudatama Hasibuan berhasil menerbitkan hasil penelitian sebuah jurnal dengan akreditas Sinta (15/1/2021).

Sebagaimana diungkapkan oleh dosen Teknik perminyakan UIR menurut Hj. Fitrianti MT, Yudatama mahasiswa angkatan 2016 merupakan mahasiswa UIR perdana yang lulus mendapatkan gelar akademis tanpa melalui sidang skripsi atau tugas akhir.

“Universitas Islam Riau bangga, khususnya Prodi Teknik Perminyakan. Yudatama merupakan mahasiswa yang aktif menulis publikasi selama Kuliah di UIR, “ ungkap Fitrianti dan Daniel Adityatama MSc merupakan dosen pembimbing  Yudatama.

Sekitar awal April 2020 Yuda akan  melakukan Projek tugas akhir bersama salah satu Petroleum Engineer Chevron Pacific Indonesia yang akan dilakukan untuk optimisasi pompa, namun karena Covid-19 melanda Indonesia projek tersebut tidak dapat teralisasi, sehingga Yudatama memilih  untuk kelar dari projek tersebut, dan memutuskan mengambil topik lain salah satunya diperusahaan konsultan pengeboran yang berlokasi di Jakarta, yaitu PT. Rigsis Energi Indonesia bersama PT. Geodipa.

Yudatama bersama dosen pembimbingnya melakukan desain untuk pengeboran sumur disalah satu Lapangan Panas Bumi di Jawa, rencananya sumur tersebut akan dilakukan pengeboran pada pertengahan 2021.

Dari hasil desain tersebut, anak dari Muchtar Luthfi Hasibuan dan Yuli Indriani ini berniat untuk mengikuti program lulus tanpa sidang yang diselenggarakan oleh UIR. Oleh sebab itu dia mencari tahu penerbit mana yang akan dipilih untuk menerbitkan penilitiannya.

Yudatama memilih penerbit Jurnal Lemigas yang siap menerbitkan penelitiannya. Penelitian tersebut akhirnya diterbitkan pada awal Januari 2021 dengan judul “Desain Program Eksplorasi Lapangan Panas Bumi Menggunakan Metode Slimhole Continuous Coring”.

Proses yang dilalui oleh Yudatama untuk dapat lulus di Jurnal dengan akreditasi Sinta cukup panjang. Mulai dari tahap submit penulisan hingga tahap review hasil berlangsung selama sebulan lebih. Penelitian Yudatama lulus dengan revisi sehingga perlu dilakukan beberapa revisi. Sampai akhirnya materinya diterima dan dipublikasi awal Januari 2021 pada volume 54 nomor 2.

“Dengan adanya dukungan dari Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng Muslim dan Kaprodi Teknik Perminyakan Novia Rita M.LT bersama seluruh dosen Teknik Perminyakan, maka Yudatama berhasil menjadi mahasiswa perdana yang lulus dengan penghargaan tanpa sidang di kampus UIR,” ujar Fitrianti.

Sementara itu M Yudatama Hasibuan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Rektor UIR  Prof. Dr. H. Syafrinaldi MCL, Dekan Fakultas Teknik, Kaprodi, dosen pembimbing dan seluruh dosen lainnya, “Juga kepada perwakilan dari PT Rigsis Energi Indonesia yaitu Bapak Dorman Purba, MSc selaku Senior Project Manager dan Bapak Daniel Adityatama selaku drilling engineer yang telah membantu dalam melakukan penelitian. Semoga hasil ini menjadi motivasi bagi saya dan tentunya baginkawan-kawan mahasiswa UIR lainnya untuk memberikan hasil terbaik bagi kampus dan bidang keilmuan kita,” ujar Yudatama.

 

(NA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.