Pesona Indan Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan 

""

Gambar : https://www.instagram.com

PortalArjuna.Net- Pasuruan, Mempunyai julukan sebagai City Of Mountain, Pasuruan dikenal sebagai kawasan yang mempunyai keindahan alam dan budaya yang menakjubkan. Salah satunya adalah Wisata Danau Ranu Grati. Terletak di diantara 3 desa di Kecamatan Grati, yaitu Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon, Pasuruan, Jawa Timur.

Pada masa pandemi sempat beberapa waktu wisata danau ranu grati di tutup karena peraturan sosial distancing. Namun saat ini wisata Danau Ranu Grati sudah di buka kembali namun pengunjung harus tetap mematuhi protokol.kesehatan yang berlaku. Harga tiket masuk cukup dengan membayar Rp. 2.500 dan parkir Rp. 2000,wisata danau ranu grati di buka mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Namun siapa sangka, Danau Ranu Grati berbeda dari yang dulu. Sekarang fasilitas perahu bebek sudah tidak ada namun setelah di renovasi sangat banyak spot foto instagramable.

Ranu Grati menampakan keindahan pemandangan matahari terbenamnya yang menawan saat senja berbagai fasilitas disediakan seperti tempat duduk,gazebo yang cocok untuk bersantai menikmati waktu bersama pasangan,kelaurga maupun teman. Di sana juga terdapat warung -warung untuk membeli makanan dan minuman selain para wisatawan juga banyak warga desa sekitar yang melakukan kegiatan di kawasan danau ranu grati seperti memancing,budidaya ikan di karamba kemudian kegiatan rumah tangga seperti mencuci dan mandi di sekitar sungai kecil ranu grati.

Di balik keindahan wisata danau ranu grati yang kita nikmati terdapat legenda yang cukup terkenal seperti asal usul bagaimana terbentuknya danau ranu grati dan tokoh legenda yang terkenal seperti baruklinting.

(CN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.