Situasi Pandemi Meningkat, Nadiem Makarim Tunda Asesmen Nasional

""

Gambar : Tirto.ID


PortalArjuna.Net – Jakarta, Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) resmi menunda Asesmen Nasional (AN). Asesemen Nasional yang sebelumnya ditargetkan pada bulan Agustus 2021, kini mundur ke bulan September dan Oktober 2021.

Dalam Rapat kerja virtual bersama Komisi X DPR RI yang dilakukan pada hari Rabu (20/01), Nadiem Menuturkan bahwa penundaan dikarenakan situasi pandemi yang meningkat.

“Karena ada situasi pandemi yang relatif meningkat, kami memutuskan menunda melaksanakan Asesemen Nasional. Target jadwal baru yaitu September dan Oktober 2021,” jelasnya.

Nadiem Makarim memutuskan untuk menunda agar infrastruktur dan logistik protokol kesehatan di sekolah terpenuhi, supaya kesehatan murid dan guru tidak terganggu.

“Kami menunda agar kesiapan baik dari akselerasi vaksin harapannya sudah lebih mendalam, tapi juga memastikan protokol kesehatan terjaga dan ada cukup waktu untuk itu,” lanjutnya.

Akibat pandemi, proses belajar mengajar menjadi tidak optimal. meskipun begitu Nadiem Makarim tetap akan melaksanakan Asesmen Nasional.

Menurut Nadiem Asesmen Nasional perlu dilakukan di tahun 2021 untuk mengetahui seberapa tertinggal pendidikan di Indonesia dan bagaimana dampak pandemi terhadap pendidikan di Indonesia. Dari Asesmen Nasional tersebut maka diketahui sekolah mana yang membutuhkan bantuan, mulai dari bantuan anggaran, pelatihan atau dukungan lainnya.

 

 

(Lilian S)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.