Gubenur Jatim Anggap Gus Ipul Disebut Bisa Jadi Mentor Bagi Para Bupati dan Wali Kota di Jawa Timur

""

Pelantikan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Wali Kota Pasuruan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melantik 17 kepala daerah di Jawa Timur hasil Pilkada Serentak 2020 di Gedung Negara Grahadi, Jumat (26/2/2021).Pelantikan 17 kepala daerah di Jawa Timur dilaksanakan dengan terbagi menjadi tiga sesi.

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa berharap agar seluruh kepala daerah harus siap melakukan percepatan realisasi dana desa. Dari enam daerah yang dilantik kepala daerahnya pada sesi dua, ada yang belum menerbitkan Perbup terkait dana desa.

“Kita ingin triwulan pertama ini ekonomi kita sudah tidak terkontraksi. Maka kita berharap ada percepatan di Jatim, sehingga kita punya yang kita sebut Jatim Bangkit,” ujar Khofifah.

Saat ini, yang digalakkan adalah bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia. Untuk bangga wisata Indonesia, dikatakan Khofifah bahwa potensi wisata alam Jatim begitu besar. Maka ia mengarahkan kepala daerah untuk getol menyiapkan paket paket wisata yang menarik agar bisa mendongkrak ekonomi daerah dan menarik datangnya wisatawan.

Dalam sambutannya, Khofifah berharap sinergitas antar pemerintah kabupaten/kota, termasuk dengan Pemprov Jatim sehingga tercipta kolaborasi demi kemajuan daerah. Khofifah juga berpesan agar kepala daerah yang baru dilantik, menggalakkan gerakan bangga buatan Indonesia, bangga wisata Indonesia, dan pemulihan ekonomi melalui UMKM. Begitu juga dengan bangga buatan Indonesia, ditegaskan Khofifah bahwa hal ini juga harus digalakkan secara masif. Salah satu sasarannya adalah pengembangan UMKM lokal.

“Kalau soal pelaku UMKM kita, di Jatim ini sebetulnya ada yang tahu lebih detail, Gus Ipul orangnya, lihat saja, ininya (sembari menunjuk lencana dan gordon yang menempel di pakaian) lebih banyak dari saya,” ujar Khofifah. Dikatakan Khofifah. Banyaknya gordon dan lencana yang dipunya Gus Ipul itu menunjukkan bahwa perjuangan yang dilakukan oleh Gus Ipul sudah panjang.

“Jadi kalau kita mau cari mentor tidak susah susah. Salah satu yang baru dilantik ini adalah top mentor untuk para bupati wali kota,” tegas Khofifah disambut tepuk tangan yang hadir.

Untuk itu, ia mendorong agar seluruh kepala daerah yang hari ini dilantik untuk segera melakukan maksimalisasi mendorong produktivitas para pelaku UMKM di daerahnya masing-masing.

“Jack Ma memprediksi bahwa 2030 nanti akan jadi surganya UMKM. Maka digitalisasi UMKM adalah upaya yang harus dilakukan hari-hari ini,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga memesankan agar pengentasan kemiskinan di pedesaan harus menjadi hal yang segera di atasi di masing-masing daerah. Sebab kemiskinan desa masih menjadi PR bagi Jawa Timur.

 

(NA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.