Kupatan, Tradisi Masyarakat Jawa Seminggu Setelah Lebaran

""

PortalArjuna.Net – Pasuruan, masyarakat Jawa punya tradisi tersendiri dalam menyarakan Hari Raya Idul Fitri, yaitu dengan melaksanakan Lebaran ketupat, yang kerap dianggap sebagai pelengkap hari kemenangan. Jika Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan Lebaran ketupat dilaksanakan satu minggu setelahnya, yaitu pada 8 Syawal.

Lebaran ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan hKalijaga. Saat itu, Sunan Kali Jaga memperkenalkan istilah Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran yaitu prosesi pelaksanaan shalat Ied satu Syawal hingga tradisi saling kunjung dan memaafkan sesama muslim, sedangkan Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran.

Di wilayah Pasuruan, tradisi Lebaran ketupat ini biasanya dinamakan dengan Kupatan, masyarakat akan membuat ketupat di rumah masing-masing, kemudian pada 8 syawal masyarakat khususnya yang laki-laki akan berbondong-bondong membawa satu ember ketupat untuk dibawa ke mushola atau masjid, kemudian menggelar doa bersama.

Setelah doa bersama dilaksanakan, mereka akan saling tukar menukar makanan yang mereka bawa dari rumah. selain ketupat, ada pula lepet, yaitu makanan dari beras ketan yang dibungkus dengan daun kelapa (janur kuning).

 

BTK

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.