Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 April 2024

Kupatan, Tradisi Masyarakat Jawa Seminggu Setelah Lebaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net – Pasuruan, masyarakat Jawa punya tradisi tersendiri dalam menyarakan Hari Raya Idul Fitri, yaitu dengan melaksanakan Lebaran ketupat, yang kerap dianggap sebagai pelengkap hari kemenangan. Jika Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan Lebaran ketupat dilaksanakan satu minggu setelahnya, yaitu pada 8 Syawal.

Lebaran ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan hKalijaga. Saat itu, Sunan Kali Jaga memperkenalkan istilah Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran yaitu prosesi pelaksanaan shalat Ied satu Syawal hingga tradisi saling kunjung dan memaafkan sesama muslim, sedangkan Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran.

Di wilayah Pasuruan, tradisi Lebaran ketupat ini biasanya dinamakan dengan Kupatan, masyarakat akan membuat ketupat di rumah masing-masing, kemudian pada 8 syawal masyarakat khususnya yang laki-laki akan berbondong-bondong membawa satu ember ketupat untuk dibawa ke mushola atau masjid, kemudian menggelar doa bersama.

Setelah doa bersama dilaksanakan, mereka akan saling tukar menukar makanan yang mereka bawa dari rumah. selain ketupat, ada pula lepet, yaitu makanan dari beras ketan yang dibungkus dengan daun kelapa (janur kuning).

 

BTK

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial