Pasuruan, Jawa Timur
Selasa, 16 Juli 2024

“Tradisi Lomba Perahu”, Tradisi Unik Masyarakat Kecamatan Lekok di Hari Raya Idul Fitri

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan budayanya, mulai dari rumah adat, tarian, lagu, alat musik, hingga tradisi daerah. Tak heran jika banyak sekali wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke suatu daerah yang memiliki nilai budaya tinggi.

Salah satu budaya Indonesia yang menarik untuk dibahas adalah tradisi daerah. Tradisi daerah merupakan sebuah ikon suatu daerah yang diadakan setiap tahunnya, seperti tradisi ‘Lomba Perahu’ di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Tradisi ini setiap tahunnya diadakan tepat pada hari ke-7 saat Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi yang sudah berlangsung sejak dulu ini, telah dilakukan secara turun temurun. Tujuan dari tradisi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan laut beserta isinya untuk menghidupi masyarakat. Untuk memeriahkan tradisi Lomba Perahu ini, masyarakat yang mempunyai perahu dituntut kreativitasnya untuk mengecat serta menghias perahu mereka semenarik mungkin.

Perlu diketahui, Sebelum melakukan tradisi Lomba Perahu tersebut, masyarakat terlebih dahulu melakukan Selametan Ketupat di tiap-tiap rumah. Setelah itu, sekitar pukul 06.30 WIB tradisi tersebut dimulai. Masyarakat yang hadir tentunya dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai para sesepuh pun juga banyak yang hadir dan menyaksikan tradisi Lomba Perahu tersebut.

Perahu yang sudah siap dilombakan, hanya bisa dinaiki oleh pemilik perahu yang sudah terdaftar menjadi peserta lomba. Namun untuk masyarakat lain yang ingin menaiki perahu, tidak perlu khawatir karena ada beberapa perahu yang disewakan.
Menurut informasi dari masyarakat, tradisi ini awalnya hanya dimeriahkan oleh masyarakat Kecamatan Lekok saja, namun dengan seiring berjalannya waktu, masyarakat selain dari Kecamatan Lekok pun juga dapat ikut memeriahkannya.
(ZM)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial