Cegah banjir, PT Tirta Investama Plant Pandaan gelar aksi “1000 Biopori Untuk Arjunaku”

Cegah banjir, PT Tirta Investama Plant Pandaan gelar aksi “1000 Biopori Untuk Arjunaku” "Cegah banjir, PT Tirta Investama Plant Pandaan gelar aksi “1000 Biopori Untuk Arjunaku”"

Portalarjuna.net- Jatiarjo, 13 Januari 2019, sebuah terobosan baru kembali dilakukan oleh PT Tirta Investama Plant Pandaan guna mewujudkan konservasi lingkungan sebagai salah satu bentuk social responsibility perusahaan. Sebuah kegiatan bertajuk 1000 Biopori untuk arjunaku digelar di sekitar lereng arjuna tepatnya di Dusun Cowek Desa Jatiarjo Prigen.

Pembuatan 1000 biopori untuk arjuna merupakan sebuah langkah awal PT Tirta Investama Plant Pandaan untuk mencegah terjadinya banjir di daerah hilir pasca kebakaran lereng arjuna 3 bulan yang lalu. “Biopori sendiri merupakan perbaikan aktivitas lingkungan dengan membuat lubang kecil resapan air dalam tanah agar tidak terjadi banjir” ujar Mas Diono selaku ketua Yayasan Satu Daun.

Adapun manfaat dibuatnya biopori antara lain : memaksimalkan resapan air dalam tanah, menambah volume air tanah, sebagai media penghasil kompos, mengurangi genangan air yang menyebabkan penyakit, mencegah resiko banjir, mencegah erosi dan tanah longsor, meningkatkan peran dan aktivitas fauna tanah, meningkatkan pertumbuhan tanaman di sekitar tanah, serta memaksimalkan air hujan dan air limbah rumah tangga untuk menjadi air tanah.

Dalam sambutannya, bapak Rony Rosdiansyah selaku regional-eksternal Corporate Communication PT Tirta Investama mengungkapkan “Melalui kegiatan ini kami harap dapat menginspirasi perusahaan besar lain, utamanya di Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan kegiatan serupa. Sebuah hal baik mari kita sebarkan”

Selain Yayasan Satu Daun, kegiatan ini juga melibatkan peran serta Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Lestari, Forum Komunitas Peduli Lingkungan Pasuruan serta berbagai komunitas pecinta lingkungan sekitar arjuna. PT Tirta Investama menyadari tanpa peran serta masyarakat banyak kerusakan lingkungan akan smakin parah, baik dari isu air, sampah maupun kegundulan hutan. Untuk itu, kegiatan serupa perlu dilakukan oleh publik demi menjaga kelestarian lingkungan.(Dn)

Tinggalkan balasan

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Khasiat Daun Alpukat
KKNT Kemaritiman Kelompok 12 : Sosialisasi Program, Bapak dan Ibu Kepala Desa Pulokerto Angkat Bicara
Univ. Yudharta Pasuruan : Lepas 456 mahasiswa ikuti kegiatan KKN
Pembukaan Musda ke-4 Jatman Jatim Meneguhkan Politik Ulama Thariqo
Buah Sosialisasi, KKN Purwodadi 2 diharap Jadikan Anak didik Berprestasi
KONFERANCAB IPNU Kecamatan Tutur ke-VI, Wadah Penguat Nilai-Nilai ASWAJA
No Preview
Peringati Milad Ke-9 MA Darut Taqwa Gelar Seminar Nasional Berbasis Teknologi
Targetkan Rekor Muri 1001 Buku dihari Guru, Kasi Pendma Kab. Pasuruan Cetak Fasilitator Menulis
KONFERANCAB IPNU Kecamatan Tutur ke-VI, Wadah Penguat Nilai-Nilai ASWAJA
Ramadhan Datang, Mengaji Jadi Penenang
Al-Mustafidah Kembali Jadi Juara Festifal Al-banjari Se-Jawa Timur
Prihatin Banyak Bencana, Malam Tahun Baru diisi Khotmil Qur’an dan Doa Tolak Bencana
Ritual Larungan Petik Laut, Selametan Desa Pulokerto
Wujud Pengabdian, LPPM Yudharta Akan Bangun Infrastruktur Langit Suku Tenger
Kurangi penggunaan Gadget, Pasuruan adakan Festival Dolanan Tradisional
Kemeriahan Pawai Ogoh-ogoh Desa Kayukebek
Tingkatkatkan Kinerja Administrasi Perangkat Desa Sekarputih Gondang Wetan Pasuruan, KKN ’13 UYP Selenggarakan Pelatihan Ms. Office
Di Hutan Mahoni Jati Sari, Mahasiswa KKN Bermain Ular Ularan Bersama Siswa MI
Sukses, Pembukaan KKN Purwodadi disambut Hangat Sekcam
Ada Mahasiswa KKN, Senam Di Jati Sari Semakin Meriah