Kurangi penggunaan Gadget, Pasuruan adakan Festival Dolanan Tradisional

""

Portalarjuna.net (11/03/2019). Festival dolanan tradisional Indonesia adalah festival yang bertujuan menumbuh kembangkan minat masyarakat untuk lebih mengenali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan anak – anak di era digital. Festival ini diadakan kolektif oleh media Massyah Event Organizer yang berada didalam naungan FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Acara ini di adakan 3 hari dari tanggal 9 – 11 maret 2019 yang bertempat di pelataran Masjid Ceng ho, Kabupaten Pasuruan.

Tujuan panitia mengadakan acara ini di pelataran masjid ceng ho dikarenakan tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi di wilayah Pasuruan serta lokasinya yang strategis. Dalam acara ini tidak hanya ada permainan tradisional disini juga ada pasar malam untuk meramaikan acara ini.

 “ Acara ini bertujuan agar anak – anak sekarang ini tidak melulu bermain menggunakan handphone tetapi ada banyak cara bermain yang lebih bermanfaat dan bersosialisasi langsung dan agar permainan tradisional ini tidak punah dan juga tidak diklaim dengan negara lain agar anak – anak sekarang lebih peka terhadap permainan tradisional asli indonesia” , ujar Mustaghrifin ketua panitia acara. Dan untuk kedepannya acara ini akan diadakan setiap tahun dan akan diadakan lebih meriah dan juga kemungkinan besar acara diadakan dalam waktu satu minggu agar memungkinkan untuk lebih banyak kegiatan serta permainan yang dilakukan.

Dalam acara ini antusias warga untuk menonton cukup ramai dan banyak juga orang tua yang membawa anaknya untuk menonton acara ini. “ acara ini cukup bagus dan perlu dilestarikan karena anak sekarang sudah sangat jarang bermain menggunakan fisik, tetapi sekarang lebih sering bermain dengan handphone yang membuat fisik anak – anak sekarang menjadi lemah karena jarang bermain permainan yang menggunakan fisik”, ujar Arip salah satu pengunjung (ILM/Rio)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.