6 Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Mata Panda

""

PortalArjuna.Net- Pasuruan, Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata tentu saja sangat mengganggu penampilan. Mata panda biasanya dikaitkan dengan kebiasaan kurang tidur, meski sebenarnya ada banyak sebab yang melatarbelakanginya.

Berikut kebiasaan buruk yang menyebabkan mata panda:

Selain faktor genetik atau gangguan kesehatan kulit, mata panda bisa saja disebabkan oleh beberapa hal sepele, yaitu kebiasaan-kebiasaan negatif dalam memperlakukan wajah dan mata.

1. Terlalu sering mengucek mata

Terlalu sering mengucek mata bisa melahirkan lingkaran hitam sekitar mata. Hal ini berkaitan dengan pembuluh darah yang mengelilingi mata, yang bisa rusak ketika terlalu sering menekannya.

2. Mandi atau mencuci muka dengan air terlalu panas

Air panas bisa membuat jaringan kulit membengkak sehingga terjadi perubahan warna di area yang paling sensitif. Salah satunya, adalah di area mata. Jadi segera hentikan kebiasaan membasuh wajah dengan air cukup panas. Jika diperlukan, basuh dan cuci wajah dengan air hangat. Setelah itu, netralkan dengan membasuhnya dengan air dingin bersuhu ruang.

3. Jarang menggunakan sunscreen

Sebaiknya oleskan sunscreen setiap kali Anda melangkah keluar rumah di siang hari. Teriknya sinar matahari bisa membuat hiperpigmentasi di wajah.

4. Salah mengaplikasikan make up remover

Khusus untuk area mata, gunakan make up remover khusus, bukan pembersih yang digunakan untuk membersihkan area wajah yang lain. Hal ini lantaran kulit di sekitar mata sangat sensitif, sehingga membutuhkan penanganan khusus agar tak terjadi iritas pada kulit.

5. Mengonsumsi asupan berkadar garam tinggi

Kadar garam tinggi bisa mengurangi kelembaban tubuh, khususnya kulit. Ketika kelembaban kulit berkurang, maka area-area yang paling sensitif akan terlihat berkerut, kering dan tak segar.

6. Kurang minum

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mata dihiasi lingkaran hitam. Ketika dehidrasi, maka beberapa bagian tubuh akan kehilangan cairan tubuh dan elektrolit, termasuk di area kantung di bawah mata. Efeknya, area tersebut akan terlihat kosong karena tak ada jaringan tisu yang memisahkan kulit dengan tulang mata.

Jadi salah satu solusi menghilangkan mata panda sangatlah mudah. Yaitu minum air sebanyak-banyaknya, terutama di siang hari yang sangat terik.

(CN)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.