Harga Cabai Melonjak, hingga Dikota Pasuruan Dijual Sachet

""

Gambar: Pemilik Toko Sayur di kawasan Purworejo http://(www. WartaBromo.com)


PortalArjuna.Net-Pasuruan, Harga cabai rawit belum menunjukkan tanda-tanda menurun. Alhasil, pedagang menjual cabai rawit sachetan. Seorang pemilik toko sayur di kawasan purowrejo mengatakan, harga cabai di pasar-pasar tradisional Pasuruan masih berada di Rp 120 ribu per kilo. Banyak pedagang yang bersiasat menjual cabai dalam kemasan plastik kecil atau sachet.

“Cabai saya kemas 5-10 biji, tergantung besar-kecil. Saya jual Rp 2000,” ujar Nabila, Senin (8/3/2021). Cabai-cabai ini dikemas agar lebih pantas dibeli oleh pelanggan. Hal itu dilakukan karena kebanyakan pembeli hanya membeli cabai untuk kebutuhan sekali masak. Pembeli tidak bisa beli perkilo seperti biasa nya kaena harga cabai saat ini sangat melonjak drastis.

Kalau di jual sachet, pembeli hanya beli sekali masak. Itupun pembeli cabai juga berkurang, barangnya pun kadang ada, kadang habis. Salah satu pembeli mengatakan “cabai memang kebutuhan sehari-hari, tak bisa ditinggal dalam setiap masakannya.” Ujarnya Nur Rohmah. Karena setiap hari harus tersedia cabai di dapur yang penting barangnya ada meskipun dikit, nggak ada cabai juga tidak enak dimasakan.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Kebonagung, Khoirun Nikmah, mengatakan cabai sudah langkah sejak dua pekan sehingga harga cabai terus naik. Rata-rata pedagang maksimal hanya menyediakan 5kg cabai padahal dalam kondisi normal bisa menyediakan 10 kg. Cabai langkah karena musim hujan ini cabai yang masih hijau banyak dipanen. Kalau merah sekarang sudah langkah.

 

(MK)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.