Perayaan Nyepi, Taman Wisata Bromo Rencanakan Tutup Sementara

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( BB-TNBTS) mengungkapkan adanya penutupan akses jalur masuk ke kawasan Gunung Bromo mulai 14 Maret 2021 pukul 00.00 WIB hingga 15 maret 2021 pukul 06.00 WIB. Penutupan dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi tahun 1943 Saka.

Beberapa akses kawasan yang ditutup yakni dari arah probolinggo, tepatnya desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Arah Pasuruan yakni Desa Wonokitri Kecamatan Tosari, sedangkan dari arah Malang dan lumajang akan ditutup di Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Seperti yang dilansir oleh Antara.

Plt kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( BB-TNBTS) Agus Budi Santosa mengatakan bahwa penutupan ini didasari oleh surat permohonan dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo.

Hari Raya Nyepi merupakan Hari penyambutan Tahun Baru Saka, biasanya hal yang dilakukan penduduk sekitar ialah menjalankan Catur Brata Penyepian yakni tidak menyalakan api atau sumber Cahaya (Amati Geni), menghentikan aktifitas ( Amati Karya) , berpantang menghibur diri ( Amati Lelanguan) dan tidak berpergian ( Amati Lelungaan).

 

(WM)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.