Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 26 April 2024

Cara Membuat Pembersih Tangan dari Daun Sirih, Sangat Mudah Dipraktikkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.net- Pasuruan, Menggunakan pembersih tangan merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan virus. Penyebab, pembersih tangan terbukti secara klinis mampu menghilangkan bakteri, kuman, dan virus yang menempel pada tangan manusia.

Namun, kebutuhan akan benda satu ini meningkat di tengah pandemi virus corona covid-19 yang merebak ke seluruh dunia. Tidak perlu khawatir, pembersih tangan dapat diproduksi sendiri menggunakan bahan-bahan alami di sekitar.

Berikut merupakan cara membuat pembersih tangan menggunakan daun sirih yang direkomendasikan oleh dr. Retno Sari, MSC., Apt, Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR:

Pembersih tangan Penemuan yang dapat menggunakan bahan alami seperti daun sirih ini pertama kali dibahas di Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR pada tahun 2006. Pada saat itu, flu burung juga menjadi pandemi yang menyebar ke seluruh dunia.

Pada umumnya, pembersih tangan mengandung komposisi etanol lebih dari 70 persen. Untuk membuat pembersih tangan pada umumnya, sebenarnya mudah. Namun, masyarakat akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan bahan kimia ini karena beberapa persyaratan khusus yang harus dipertimbangkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr. Retno Sari, MSC., Apt menuturkan bahwa air daun sirih sebesar 15 persen ke atas sama efektifnya dengan etanol 70 persen untuk mengurangi jumlah bakteri dan virus.

Sementara itu, daun sirih adalah bahan yang mudah memperbaiki proses oksidasi. Untuk menguranginya, air jeruk nipis yang anti-oksidan dan anti-bakteri dapat ditambahkan ke dalam air daun sirih tersebut.

Bahan yang dapat disiapkan untuk membuat pembersih tangan alami yaitu daun sirih 50 gram, Air bersih 200 ml, air panas 200 ml, Air bersih 200 m, Jeruk nipis 8 ml. Sedangkan alat yang perlu Anda persiapkan untuk membuat pembersih tangan yang murah dan mudah antara lain:

1. Kompor
2. 2 buah panci
3. Gelas ukur
4. Botol semprot
5. Pisau
6. Saringan

Agar dapat mengoptimalkan langkah pencegahan virus tangkai corona covid-19, Anda dapat langsung membuat pembersih tangan sendiri. Berikut adalah cara membuat pembersih tangan yang tidak membutuhkan waktu lama:

1. Cuci 50 gram daun sirih hingga bersih
2. Keringkan daun sirih dengan cara diangin-anginkan
3. Setelah dipastikan kering dan bersih, potong daun sirih tersebut menjadi kecil
4. Tuang 50 g daun yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam panci yang berisi 200 ml udara panas
5. Setelah selesai, ambil panci lain yang lebih besar
6. Isi panci tersebut dengan air dingin
7. Masukkan panci yang berisi daun sirih ke dalam panci yang lebih besar
8. Rebus daun sirih dengan cara seperti ditim
9. Gunakan api kecil
10. Panaskan hingga 90 derajat celcius
11. Setelah selesai, diamkan dan tunggu hingga 30 menit
12. Setelah dingin, saring rendaman daun sirih ke dalam gelas ukur
13. Tuangkan air daun sirih hingga mencapai 15 persen
14. Tambahkan 8 ml air jeruk nipis
15. Tambahkan air secukupnya
16. Aduk
17. Tuangkan ke dalam botol spray
18. Siap digunakan

Penulis : Intan

https://www.merdeka.com/trending/cara-membuat-hand-sanitizer-dari-daun-sirih-sangat-mudah-dipraktikkan-kln.html

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial