Pasuruan, Jawa Timur
Jumat, 26 April 2024

8 Cara Merawat Tanaman Efektif Supaya Tidak Cepat Layu

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

8 Cara Merawat Tanaman Efektif Supaya Tidak Cepat Layu

PortalArjuna.net-Pasuruan, Bagi kalian yang senang berkebun, aktivitas dan cara merawat tanaman bisa menjadi hobi yang paling asyik untuk dijalani. Bayangkan, dimulai dari membeli benih, menanam, hingga merawat, pasti ada kepuasan tersendiri dari cara merawat tanaman yang efektif hingga menghasilkan kebun yang subur dan berbunga wangi.

Namun, apa jadinya bila hobi berkebun malah membawa stres karena tanaman sering layu dan tidak berkembang dengan baik. Frustrasi, sedih dan putus asa bisa saja membuat kamu meninggalkan hobi berkebun. Bisa jadi, cara merawat tanaman kamu salah. Makanya, kamu perlu tahu cara merawat tanaman yang baik supaya hobi berkebun tetap berjalan, manfaat kesehatan dan produksi juga tetap bisa kamu nikmati. Yuk simak langsung delapan cara merawat tanaman yang paling efektif :

1. Melakukan Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Pada dasarnya, cara merawat tanaman sangat bergantung pada jenis tanaman yang kamu miliki, termasuk juga untuk tenik penyiraman air yang tepat. Jadi, supaya kamu semakin tanggap dalam cara merawat tanaman, ada baiknya kamu mencari tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milikmu.

Penyiraman air yang terlalu sedikit biasanya akan menyebabkan tanaman menjadi kekeringan dan mati. Sebaliknya, cara merawat tanaman dengan menyiram air terlalu banyak malah akan menimbulkan pembusukan pada akar.

2. Memberikan Sinar Matahari Secara Merata

Cara merawat tanaman yang kedua setelah memberikan air adalah dengan mengekspos tanaman pada sinar matahari. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, bahkan tanaman indoor juga butuh sinar matahari secara langsung sesekali. Akan tetapi, sama dengan manusia, sinar matahari yang berlebihan bisa jadi cara merawat tanaman yang salah karena dapat membuat tanaman milikmu kekeringan, terbakar, dan layu.

Prinsipnya, cara merawat tanaman dengan bantuan sinar matahari paling ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan eksposur sinar matahari. Kebun sayur dan buah-buahan biasanya membutuhkan sekitar enam jam sinar matahari secara langsung. Sedangkan tanaman biasa cukup diberikan sekitar tiga sampai empat jam setiap harinya.

Berbeda lagi dengan tanaman yang memang bisa tumbuh tanpa banyak paparan sinar matahari seperti kaktus dan tanaman sukulen, atau pakis dan tanaman sejenisnya yang hanya membutuhkan sekitar dua jam paparan sinar matahari setiap hari.

3. Kontrol Suhu & Kelembapan yang Pas

Apapun jenis tanaman milikmu, sayur, buah- buahan, bunga atau tanaman hias semuanya pasti membutuhkan suhu dan tingkat kelembapan yang pas. Sebagai rutinitas cara merawat tanaman yang baik, kamu harus rajin mencari tahu suhu dan kelembapan yang sesuai dengan jenis tanaman yang kamu miliki supaya tanaman tidak tumbuh pada cuaca atau lokasi yang salah. Memilih tanaman harus dimulai dari pemilihan jenis tanaman yang hanya sesuai dengan iklim dan kondisi tanah yang kamu miliki.

4. Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini

Banyak cara merawat tanaman yang efektif supaya tanaman tidak mudah terserang penyakit. Terapkan beberapa strategi cara merawat tanaman melalui tindakan pencegahan yaitu, menjaga kualitas tanah, rutin merotasi tanamann, mengoptimalkan lokasi dan kondisi tanaman, memangkas rumput liar.

Untuk membuat tanamanmu terhindar dari serangan hama dan penyakit, rajinlah membersihkan ilalang atau rumput liar yang tumbuh secara rutin.

5. Potong Tanaman yang Kering atau Mati

Apabila tanamanmu ada bagian yang sudah terlanjur terserang penyakit atau kering dan mati, kamu harus segera memotong atau memangkas bagian tanaman yang sudah kering dan mati tersebut. Cara merawat tanaman ini bertujuan agar penyakitnya tidak menyebar ke bagian lain yang masih hidup karena penyakit pada tanaman dapat menyebar dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, rutinlah untuk melakukan pengecekan terhadap tanamanmu dan perhatikan apakah ada bagian yang sudah mulai layu, kering, atau bahkan mati. Jika ada, segeralah memotongnya menggunakan alat pemotong khusus tanaman. Melalui cara merawat tanaman ini, tanamanmu yang masih bertahan akan kembali hidup segar seperti baru dan bertumbuh subur.

6. Hindari Pupuk Kimia

Cara merawat tanaman yang baik umumnya selalu mengutamakan bahan perawatan yang baik pula, misalnya pupuk alami atau perawatan bersifat organik yang bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Banyak ahli berkebun yang menyarankan cara merawat tanaman dengan sisa kotoran hewan, pupuk kompos, campuran nutrisi makro, hingga pupuk daur ulang. Alasannya adalah semakin murni kandungan pupuk yang kalian gunakan dalam cara merawat tanaman, semakin subur dan bebas layu pula hasil kebun atau tanaman di rumah.

7. Pemberian Nutrisi Vital Pertumbuhan

Mustahil jika kamu tidak mengikutsertakan nutrisi tumbuhan sebagai bagian dari cara merawat tanaman kamu dengan tepat. Ada enam nutrisi penting yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri dalam menyuburkan tanamanmu.

Dengan kombinasi enam nutrisi tersebut, kamu akan mendapatkan cara merawat tanaman yang paling sempurna. Nutrisi-nutrisi dasar untuk tanaman ini juga tidak sulit untuk didapatkan karena umumnya sudah terdapat di dalam tanah.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengganti tanah secara berkala sebagai cara merawat tanaman yang efektif. Dijamin, tumbuhan di taman milikmu senantiasa dapat tumbuh subur dan sehat tanpa sering layu.

8. Menjaga Kebersihan Di Sekeliling Tanaman

Cara merawat tanaman yang terakhir sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar taman, pot, tanaman, dan menghindari tumpukan sampah terutama plastik, kaleng, dan bahan-bahan yang tidak bisa terurai dengan baik.

Hentikan juga kebiasaan membuang puntung rokok atau membuang air bekas, seperti soda atau teh ke dalam taman dan pot tanaman milikmu karena itu bukanlah cara merawat tanaman yang baik, melainkan dapat merusak tanaman.

Sebaliknya, berikan perhatian dan kasih sayang sebagai bagian dari cara merawat tanaman milikmu, misalnya membersihkan patahan dahan, memangkas bagian yang tumbuh tidak teratur, dan juga membuang sisa-sisa kotoran atau debu yang seharusnya tidak berada di daerah tanaman.(Huri)

Sumber : https://m.dekoruma.com/artikel/63201/cara-merawat-tanaman-efektif

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial